ASk para master, Bingung ni,pengaruh ngak font unt...

ASk para master, Bingung ni,pengaruh ngak font unt...

SiTonga Jacob S 2:38am Feb 28
ASk para master,
Bingung ni,pengaruh ngak font untuk SEO ?
Saya ganti Font ke Verdana malah statistik turun
mohon bimbingannya!

Aedy Kus 4:01am Feb 28
saya sering menggunakan font Verdana, namun tidak berpengaruh

Ahoeng Balakosa Cho Daichieleutheriosfedor 4:24am Feb 28
kayakny tambah trus promosinya gtu kang

SiTonga Jacob S 4:24am Feb 28
Kalo ganti Font ngaruh ngak kira2?

Ricky Pratama 4:26am Feb 28
rasanya sih tidak... yakin cuma bentuk font saja yang diubah? blognya apa mas?

SiTonga Jacob S 4:27am Feb 28
font aja sih yang saya ubah gan,
:3 satu lagi buang sidebar bawah,itu aja :(

Ricky Pratama 4:29am Feb 28
font sebelumnya apa? Dan sizenya berapa?

SiTonga Jacob S 4:30am Feb 28
saya pa ke arial 11 px, karna kekecilan saya pake Verdana 13 px, VIsitor 5k lenyap dalam 1 hari :(

Ricky Pratama 4:34am Feb 28
Itu tidak normal....verdana itu lebih lebar dari Arial dan ukuran pixelnya juga ditambah....kalaupun ada efeknya maka seharusnya pembaca lebih nyaman dengan font yang lebih mudah di baca....dan mengubah font juga tidak membuat pengunjung lenyap...di analisa lagi gan....
# coba tinggalkan linknya tapi jangan aktif biar bisa lebih jelas...

Nuris Alfan Fikri 4:51am Feb 28
Bagi ane ngaruh. Intinya, font postingan ane lebih besar dr sidebar dan footer.

Gmn kalo misal keyword kita ganti warna font nya? Ga ngaruh, warna ga seperti bold / italic dkk.

Font lebih besar berarti penting bagi robot (walopun toh cuman selisih 2px). Jadi bukan warna tapi ukuran. Itu menurut ane sih :D http://goo.gl/7Td8cN

Kalo untuk kasus agan ts sepertinya kudu dilihat dr banyak faktor. Ma sa sih visitor segitu bs langsung lenyap dlm sehari? :o

Muhammad Akbar 5:40am Feb 28
Posisi serp mungkin turun gan,
klo ngga'
berarti ada bagian dri blognya yang sudah diubah sehinnga pengunjung tidak ke blog agan,

SiTonga Jacob S 6:24am Feb 28
belum ada yang saya ubah,fatalnya kemaren,hari ini udah naik lagi sih tapi baru 1 k ni kayaknya :(

Muhammad Akbar 7:19am Feb 28
Posisi serp berubah ga'?

SiTonga Jacob S 7:20am Feb 28
Posisi Serp berubah sejak ubah font,mungkin masih penyesuaian ane kurang tau,rencana mau besarin huruf biar pengunjung nyaman malah VIsitor bablas dah

Ricky Pratama 7:53am Feb 28
Mas Nuris, dari thread mas Jacob ini semula hanya dibahasakan mengganti font-family ke Verdana. Bagi saya tidak ada pengaruh dalam merubah font-family bagi SEO... Setidaknya tidak langsung....

Pengaruhnya bagi saya bersifat tidak langsung, yaitu jika font-family itu terlalu kecil (ada font yang sudah 16px masih kecil juga), maka pengunjung tidak senang dengan blog kita, dan rasa tidak senang pengunjung itulah yang bisa mempengaruhi SEO....

Nanti setelah mas JAcob saya tanya mengenai ukuran baru jelas bahwa mas Jacob tidak hanya mengganti font ke Verdana, tapi juga memperbesar ukurannya sebesar 2 pixel...

Dari yang mas tuliskan di atas, jika font diganti ke yang lebih lebar dan ukuran yang lebih be sar 2pixel,maka seharusnya blog menjadi lebih baik, iyakan?

Nah yang terjadi pada mas Jacob ini, font sudah lebih lebar, dan ukurannya sudah lebih besar 2 pixels, ternyata trafik malah lenyap....

Ini sesuatu yang bukan hanya berkebalikan dengan yang kita pahami di SEO, tapi juga terlalu dramatis.... Masakan font diperbesar trafik malah lenyap :v

Toh trafik blog mas Jacob juga sudah mulai kembali.

Setelah saya pelajari ternyata banyak website yang trafiknya lenyap pada tanggal 21 sampai sekarang. Matt Cutts saja bingung dan mulai meninjau satu per satu laporan.... Blog-blog yang paling keras mendapatkan hantaman ada di niche film. Jadi kemungkinan yang mas alami adalah salah satu kasus bug dari algoritmas Google saja

Lihat bagaimana slashfilm kehilangan trafik pada tanggal 23 Februari... Dari 40.000-an dan terjun bebas

Ricky Pratama 7:53am Feb 28
Jadi mungkin mas Jacob sabar saja dulu lihat apa yang terjadi :) . Menunggu perbaikan bug

SiTonga Jacob S 7:55am Feb 28
Ralat gan ternyata bukan hanya saya aja yang down,banyak juga yang down sampe 40% termasuk saya,namun jika blognya bagus nanti naik lagi,ane dapat info dari tetangga sih,mudah2an normal kembali :D

Ricky Pratama 7:58am Feb 28
Iya mas, banyak orang.... jadi bukan masalah pada fontnya mas..biarkan saja begitu...lebih bisa dibaca lebih baik

SiTonga Jacob S 7:59am Feb 28
Oh ia mas bro,ane baru tau soalnya baru terjun di internet juga,tanks bantuannya para mastah,nanti kalo bertanya lagi boleh kan

Ricky Pratama 8:01am Feb 28
sorry bukan mastah mas, masih belajar....dan masih jauh dari menjadi mastah atau sejenisnya :v , silahkan bertanya saja kalau ada yang bisa teman2 di sini bantu pasti dibantu

SiTonga Jacob S 8:02am Feb 28
Ia deh kalo gitu,thanks pa ra suhu :v

Ricky Pratama 8:02am Feb 28
Waduh...whateverlah :3

SiTonga Jacob S
8:04am Feb 28
:D Just Kidding Mas :D

Andita Sely Bestoro 8:05am Feb 28
ndak ada pengaruh.

Nuris Alfan Fikri 8:17am Feb 28
Ricky Pratama yup ane paham problem ts, comment ane juga sekalian menyampaikan pendapat ane ajah ttg font size :D makanya ane bilang kalo untuk kasus ini harus dilihat dr banyak faktor, wong udah gede ukuranya kok malah anjlok... eh ternyta emang algo nya lagi update kayaknya..

Ricky Pratama 10:05am Feb 28
Ow....saya kira mas bilang font size-nya berpengaruh pada kasusnya mas Jacob, hanya saja bingung kenapa terlalu dramatis sampai lenyap.... (y)

Kalau menurut saya font-size itu tidak berpengaruh sama sekali.... Soalnya sudah pernah tes pakai font dari 12px sampai 20px untuk body, dan 40px-85px untuk heading h1....sama sekali tidak goyang... untuk 5 blog berbeda

Kemungkinannya kalau sudah terlalu kecil akan membuat pengunjung tidak nyaman dan malas membaca sehingga mereka cepat-cepat pergi atau bounce rate tinggi, sehingga ranking jelek karena sinyal dari pembaca.... tapi selama teks bisa dibaca rasanya stabil saja....

Di forum Google juga sudah banyak yang membahas dan mengujicoba masalah ini dan semuanya sepakat kalau font-size yang bisa terbaca berapa pun ukurannya selama pembaca tidak te rganggu, tidak berpengaruh pada SEO,... jadi di forum itu pada sepakat bahwa "user experience" lah yang berpengaruh pada SEO-nya

Soal algo sepertinya lagi ada bug... Soalnya Matt Cutts sendiri kebingungan....jarang sekali orang ini sampai tidak tahu di mana masalahnya :)