10 Tempat Terbaik Untuk Berkunjung Ke Slovenia

Slovenia adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang terletak di pegunungan Alpen timur di ujung utara Laut Adriatik, dengan Austria di utara, Italia di barat daya, Hungaria di timur laut dan Kroasia di selatan. Meski berukuran kecil, Slovenia memiliki beragam medan yang mengejutkan, mulai dari pantai Mediterania sampai puncak pegunungan Alpen Julian, hingga perbukitan di selatan.

Slovenia adalah negara yang indah dengan lokasi yang fantastis di jantung Eropa. Bangsa ini dikelilingi oleh Pegunungan Alpen Timur, Laut Adriatik, Balkan, Italia, Kroasia dan Hungaria, sehingga dapat diakses dari berbagai lokasi di Eropa. Merencanakan perjalanan ke Slovenia adalah kesempatan untuk melihat berbagai tujuan yang mencakup kota-kota yang semarak, desa-desa menawan, pegunungan yang tertutup salju dan pantai yang indah. Pada liburan Anda berikutnya, bertujuan untuk melihat sebanyak mungkin tempat terbaik untuk dikunjungi di Slovenia karena jadwal Anda akan memungkinkan.

10. Maribor


Setelah Ljubljana, Maribor adalah kota terbesar di Slovenia. Terletak dekat perbatasan Austria, dan dibangun di sepanjang tepi Sungai Drava. Maribor dikenal karena industri penghasil anggurnya yang mengelilingi kota serta kesempatan rekreasi outdoor tanpa henti. Di Maribor, Anda bisa melihat trotoar Stara, atau pohon anggur tertua di dunia, yang telah berumur lebih dari 450 tahun. Jaga tur anggur berjalan dengan perjalanan ke Rumah Anggur Tua yang populer dan Vinag Wine Cellar yang sangat lezat. Jangan lewatkan kotak besar di Maribor, yang meliputi Slomškov Square, Main Square dan Castle Square, yang semuanya menawarkan banyak pesona dan arsitektur bersejarah.

9. Koper


Sebagai salah satu kota pesisir tertua di Slovenia, dan pelabuhan utama, Koper merupakan bagian integral dari infrastruktur negara. Ini adalah satu lagi tempat pesisir yang dulunya adalah bagian dari Kekaisaran Venesia, dan secara resmi diberi nama Caprea. Kemudian, ia menjadi bagian dari Yugoslavia. Saat ini, Koper adalah tujuan yang kurang terkenal yang menawarkan beberapa atraksi yang menyenangkan. Anda bisa berkeliling ke Tito Square, jantung kota, menjelajahi Istana Praetorian yang telah diperbaharui atau mendaki menara bell Campanile untuk pemandangan kota yang spektakuler di bawah ini. Ada pantai akses publik gratis oleh Koper Marina yang ideal untuk berenang atau sekedar menikmati piknik di bawah sinar matahari.

8. Kranjska Gora


Populer untuk penggemar olahraga musim dingin adalah tujuan Kranjska Gora, yang terletak di barat laut Slovenia. Selama musim dingin, Kranjska Gora sibuk dengan pengunjung yang bermain ski dan snowboard di resor Vitranc, memanfaatkan hujan salju dan jalan setapak yang curam. Musim panas memang sama menariknya, namun berkat kenaikan yang menantang dan kesempatan untuk menyewa sepeda gunung di daerah itu. Bahkan jika Anda tidak berolahraga di luar ruangan, Kranjska Gora adalah tempat yang indah untuk bersantai, bersantai di hotel kelas atas dan bersantap di restoran kelas dunia yang menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia.

7. Celje


Salah satu kota tertua di seluruh Slovenia adalah Celje, sebuah kota kecil yang bertengger di tepi Sungai Savinja. Daya tarik terbesar di kota ini adalah benteng besar, yang didirikan pada abad ke-14 dan sekarang melihat ke bawah kota dari lokasi puncak bukit. Cara terbaik untuk menghabiskan satu hari di Celje adalah dengan berjalan melewati Celje Tua, pusat kota bersejarah di mana bangunan-bangunan berasal dari abad pertengahan dan Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak batu besar, bersantap di restoran-restoran tradisional dan kagumi arsitektur tradisional di seluruh kota.

6. Ptuj


Di tepi Sungai Drava adalah kota Ptuj, sebuah tujuan di Slovenia Timur dengan koleksi arsitektur bersejarah yang mengesankan. Ptuj secara luas dianggap sebagai salah satu kota tertua di negara ini, dan ini penting dalam budaya lokal sejak Zaman Batu. Saat ini, beberapa atraksi terbesar termasuk Monumen Orpheus yang berasal dari zaman Romawi, koleksi seni dan artefak di Ptuj Grad, atau kastil, Balai Kota yang dibangun pada tahun 1907 dan Biara Dominika abad ke-13 yang sekarang ada di museum terbesar di kota ini. Juga catatan di Ptuj adalah mata air panas yang sempurna untuk relaksasi dan acara karnaval tahunan yang disebut Kurentovanje.

5. Piran


Di ujung barat daya Slovenia, dan di pantai Laut Adriatik, adalah hotspot resor yang disebut Piran. Tujuannya mengingatkan pada Italia, yang masuk akal karena sebenarnya adalah bagian dari Kekaisaran Venesia selama lebih dari lima abad. Piran berukuran kecil, tapi aneh, bersejarah dan indah. Penggemar sejarah mungkin ingin menjelajahi tengara seperti alun-alun utama yang disebut Tartinijev trg, bangunan tertua di kota yang disebut Rumah Venesia dan Gereja St. George. Anda juga bisa berjalan tepat di atas tembok kota atau naik dari salah satu dermaga untuk berenang menyegarkan di Laut Adriatik.

4. Postojna


Postojna adalah kota yang relatif kecil di Slovenia Barat Daya, namun merupakan tujuan yang harus dilihat bagi wisatawan yang tertarik pada atraksi unik dan pemandangan alam. Postojna dikenal dengan sistem gua yang luas, yang memiliki ruang, lorong dan galeri seluas 20 km (13 mil), beberapa di antaranya memiliki langit-langit setinggi 50 meter (150 kaki). Bahkan ada tur kereta api yang membawa Anda melewati bagian-bagian sistem gua, dan kemudian Anda bisa berjalan melewati beberapa bagian yang lebih menarik di lingkungan bawah tanah. Utara Postojna adalah istana abad pertengahan yang dibangun di sisi gua, menciptakan tampilan teknik spektakuler yang harus Anda percayai.

3. Taman Nasional Triglav


Jika Anda ingin keluar dari alam dan menjelajahi beberapa pemandangan alam yang menakjubkan di Slovenia, maka Taman Nasional Triglav adalah tempat yang ideal untuk dikunjungi. Sebagian besar taman ini terdiri dari pegunungan Alpen Julian, dengan sorotan di kawasan ini termasuk puncak Gunung Triglav yang menjulang tinggi serta perairan Danau Bohinj yang tenang. Untuk pemandangan spektakuler, Anda dapat mencoba mendaki Gunung Triglav, atau Anda bisa menempuh rute yang mudah dan naik Vogel Cable Car Ride. Petualang juga bisa melintasi Ngarai Vintgar di atas jembatan kayu dari abad ke-19 atau menaiki tangga curam untuk melihat air terjun Savica yang deras. Arung jeram di Sungai Soca juga merupakan aktivitas yang populer.

2. Danau Bled


Melayani sebagai pintu gerbang ke taman nasional Triglav adalah Danau Bled, sebuah badan air yang indah yang dikelilingi oleh pegunungan Alpen Julian. Danau hijau zamrud tidak besar, dan memungkinkan untuk berjalan di sekeliling dalam satu sore saja. Yang membuat tujuan begitu menarik adalah pulau kecil di tengah danau, yang merupakan rumah bagi gereja abad ke-17. Anda mungkin juga ingin menunggang kuda di tepi danau, menyewa perahu dayung untuk menjelajahi air atau mendaki 15 menit untuk mencapai Kastil Bled, yang berasal dari abad ke-17 dan memiliki pemandangan indah ke danau di bawah ini.

1. Ljubljana


Salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Slovenia adalah ibukotanya, Ljubljana. Meskipun Ljubljana jauh lebih kecil daripada kebanyakan ibu kota Eropa, namun memiliki daya tarik unik yang membuatnya layak untuk dikunjungi. Daya tarik utama di kota ini adalah Tromostovje, juga dikenal sebagai Triple Bridge, di mana tiga jembatan indah membentang di sebelah kanan sungai. Anda juga bisa melihat kastil dan alun-alun abad pertengahan di Kota Tua, melihat tembok kota Romawi yang asli atau bersantai di Taman Tivoli yang populer. Sebagai ibukota, Ljubljana juga merupakan rumah bagi museum seni dan arsitektur yang fantastis, kebun binatang yang mengesankan, Philharmonic Slovenia dan Teater Nasional Slovenia.