10 Tempat Terbaik Untuk Berkunjung Ke Turki

Sederhananya, Turki adalah negara dengan banyak keajaiban. Dari pemandangan yang menakjubkan hingga keajaiban geologi, situs kuno dan kota-kota ramai yang penuh dengan budaya yang semarak, pasar bazar yang penuh warna, masakan yang menggoda dan orang-orang yang ramah, Turki adalah tempat unik yang telah memberi isyarat kepada indra dari peradaban paling awal.

Menghubungkan Asia barat ke Eropa tenggara melintasi Selat Turki, Turki adalah negara besar yang merupakan rumah bagi beberapa lanskap paling indah dan aneh di dunia yang berkisar dari pantai Mediterania yang spektakuler hingga pegunungan bersalju yang megah, perbukitan hijau dan formasi stepa.

Ibukota negara adalah Ankara, kota pencakar langit modern dan tempat budaya terkemuka seperti Museum Peradaban Anatolia. Kota terbesar di Turki, Istanbul, dikenal luas karena Grand Bazaar, kehidupan malam yang semarak dan harta karun bersejarah seperti Hagia Sophia dan Masjid Biru. Riviera Turki yang menakjubkan menawarkan kota resor tepi laut Mediterania di Marmaris dan Antalya, sedangkan di Wilayah Anatolia Tengah, Konya terkenal karena arsitektur Seljuk yang mencolok dan Darwis Berputar. Tujuan populer lainnya termasuk kota kuno Efesus, Cappadocia dihiasi cerobong peri, dan teras batu cascading alami di Pamukkale.

Dengan kota-kota yang penuh dengan sejarah, pantai, dan pedesaan yang indah, kunjungan ke Turki menjanjikan liburan yang terpesona. Berbagai persembahan seperti reruntuhan kuno Ephesus ke resor pantai mewah di sepanjang Laut Aegea akan memikat dan menawan bahkan pelancong paling letih. Istanbul, yang pernah menjadi ibu kota Byzantium dan Ottoman Empires, menonjol dalam kebanyakan rencana perjalanan namun ada banyak tujuan yang lebih besar. Ikhtisar tempat terbaik untuk dikunjungi di Turki.

10. Ankara


Ibukota Turki, Ankara, adalah sebuah rumah kota modern yang luas, dengan bangunan pemerintahan, bisnis komersial, universitas dan kedutaan asing. Terletak tepat di pusat negara dan kawasan Anatolia, Ankara merupakan pusat transportasi penting, yang menghubungkan wisatawan dengan tujuan utama lainnya di Turki. Kota itu sendiri menawarkan pemandangan seni dan budaya yang meriah dengan konsentrasi museum yang luas, termasuk Museum Peradaban Anatolia.

9. Mardin


Bertengger di puncak bukit strategis yang menghadap ke dataran Mesopotamia di tenggara Turki, Mardin adalah ibu kota Provinsi Mardin. Salah satu permukiman tertua di wilayah ini, Mardin terkenal karena keragaman budayanya dan Kota Tua bangunan batu pasir yang berjajar menuruni bukit. Kota Tua Mardin mudah dilalui dengan berjalan kaki. Labirin jalan berkelok-kelok menyebabkan pengunjung di sepanjang rumah bertingkat dan situs populer seperti Biara Deyrü'z-Zafaran, salah satu biara tertua di dunia, dan Sultan Isa Medresesi, sebuah monumen abad pertengahan yang pernah berfungsi sebagai observatorium astronomi.

8. Konya


Salah satu kota tertua di dunia dan paling terkenal dengan arsitektur Seljuk yang luar biasa dan Darwis Berputar, Konya adalah kota besar di Kawasan Anatolia Tengah Turki. Pada abad 12 dan 13, Konya makmur sebagai ibu kota di bawah pemerintahan Dinasti Seljuk. Saat ini, bangunan dari jaman itu masih bisa dikagumi seperti Masjid Alaeddin dan reruntuhan Istana Seljuk. Konya juga merupakan rumah teolog Persia dan sufi mistik, Rumi. Makamnya adalah situs yang harus dilihat di Konya. Para pengikut Rumi mendirikan Pesanan Mevlevi, yang lebih dikenal sebagai Darwis Berputar karena upacara keagamaan mereka di mana mereka berputar-putar di kaki kiri sambil mengenakan gaun putih yang mengepul.

7. Antalya


Terletak di sepanjang Riviera Turki yang indah di pesisir Mediterania, Antalya adalah kota besar yang semarak menyambut turis dengan berbagai resor, hotel, bar dan restoran. Pemandangan spektakuler membingkai kota dengan pantai yang indah dan pegunungan hijau subur yang dihiasi dengan reruntuhan kuno. Dari berenang dan berlayar mendaki gunung, berwisata dan bersenang-senang keluarga, Antalya menawarkan sesuatu untuk semua orang. Berjalan-jalanlah di sekitar Kaleiçi, Old Quarter, menawarkan sebuah langkah mundur ke masa lalu kota dengan pemandangan tembok kota tua, gerbang Romawi, jalan-jalan seperti labirin dan bangunan bersejarah yang mencakup Menara Jam.

6. Marmaris


Salah satu resor tepi laut paling populer di Turki, Marmaris adalah pemandangan sempurna pegunungan pinus berpemandangan pinus, pantai berpasir putih, perairan biru kehijauan dan arsitektur bersejarah. Terletak di sepanjang Riviera Turki di Turki barat daya, pelabuhan pelayaran yang menakjubkan ini adalah surga turis dengan peluang wisata yang luar biasa, olahraga air, petualangan, makan malam yang fantastis, dan kehidupan malam yang ramai. Berbagai tur berperahu membawa pengunjung menjelajahi sekitar teluk yang indah dan desa-desa tetangga. Jika itu tidak cukup, ada sejumlah hari perjalanan dari Marmaris ke tujuan yang luar biasa seperti Dalyan, Ephesus, Pamukkale dan Cleopatra Islandpesona. Berbagai persembahan seperti reruntuhan kuno Ephesus ke resor pantai mewah di sepanjang Laut Aegea akan memikat dan menawan bahkan pelancong paling letih. Istanbul, yang pernah menjadi ibu kota Byzantium dan Ottoman Empires, menonjol dalam kebanyakan rencana perjalanan namun ada banyak tujuan yang lebih besar. Ikhtisar tempat terbaik untuk dikunjungi di Turki.

5. Side


Sebuah pelabuhan utama di Pamphylia kuno dan diduduki oleh Alexander Agung pada abad ke-4 SM, Side hari ini adalah kota reruntuhan klasik dan resor modern yang indah yang menghadap ke pantai berpasir putih. Terletak di semenanjung kecil, Side menawarkan tamasya, makan malam dan kehidupan malam yang fantastis. Daya tarik bintangnya adalah tempat penggalian reruntuhan Helenistik dan Romawi kuno yang mencakup sisa-sisa amfiteater kolosal dan berbagai kuil. Menampilkan jalan-jalan sempit dan taman yang menarik, kota Side yang menawan menawarkan banyak restoran mulai dari toko kelontong dan toko pizza sampai kelas atas dengan berbagai masakan.

4. Bodrum


Terletak di wilayah selatan Aegean Turki, Bodrum pernah menjadi rumah bagi Mausoleum, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Saat ini, reruntuhan yang menarik, pantai yang menakjubkan dan resor tebing-puncak menarik perhatian orang-orang dari seluruh dunia. Tidak ada kunjungan ke Bodrum akan lengkap tanpa melihat kastil Santo Petrus, yang juga dikenal sebagai Kastil Bodrum. Dibangun dari 1402 oleh Knights Hospitaller sekarang beroperasi sebagai museum. Di sisi timur Bodrum, wisatawan akan menemukan pantai yang indah menghadap air biru yang cemerlang. Di dekat pantai terdapat banyak kafe, bar dan klub malam. Di sisi barat kota ada marina, pusat perbelanjaan dan restoran.

3. Efesus


Metropolis klasik paling lengkap di Eropa, Ephesus adalah situs kuno yang terletak di Aegean Turki. Pada abad ke 1 SM, Efesus adalah salah satu kota terbesar di seluruh Kekaisaran Romawi, dengan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, Kuil Artemis. Reruntuhan Efesus terpelihara dengan baik dan terdapat dalam situs arkeologi yang besar, menjadikannya salah satu tempat wisata paling populer di Turki. Atraksinya meliputi Teater besar, Kuil Hadrian dan Perpustakaan Celsus yang megah, sebuah bangunan berlantai dua yang dibangun untuk menampung lebih dari 12.000 gulungan.

2. Cappadocia


Terletak di Anatolia Tengah, Cappadocia terkenal dengan pemandangan dongengnya dengan formasi yang tidak biasa menyerupai cerobong asap, kerucut dan puncak. Proses alami seperti letusan gunung berapi purba dan erosi telah memahat formasi aneh ini selama berabad-abad. Ribuan tahun yang lalu, umat manusia menambahkan sentuhan yang luar biasa ke bentang alam dengan mengukir rumah, gereja dan kota bawah tanah dari batu karang yang lembut. Orang-orang Het adalah orang pertama yang memahat kompleks terowongan bawah tanah, mencari keamanan untuk menyerang orang-orang Persia dan Yunani. Beberapa saat kemudian orang-orang Kristen mencari perlindungan di terowongan dan gua Cappadocia. Saat ini, beberapa gua di kawasan ini sebenarnya hotel dan diperuntukkan bagi wisatawan.

1. Istanbul


Setelah menjabat sebagai ibu kota Ottoman dan Byzantine Empires, Istanbul hari ini adalah kota terbesar di Turki dan salah satu yang terbesar di dunia. Istanbul membentang di selat sempit yang menghubungkan Asia dan Eropa, menjadikannya satu-satunya kota di dunia yang mencakup dua benua. Arsitektur yang mengesankan, situs bersejarah, makan, belanja, kehidupan malam dan suasana eksotis membuat Istanbul menjadi salah satu tempat terbaik untuk Berkunjung ke Turki. Kota Tua adalah tempat sebagian besar situs bersejarah yang mengesankan di kota ini, termasuk Hagia Sophia, Masjid Biru dan Istana Topkapi.