Penemuan Ephesus Kuno Di Turki

Salah satu tempat wisata terpenting di Turki adalah situs arkeologi Ephesus. Kota ini dulunya merupakan pusat bagi Mediterania, sebuah pot campuran budaya dan keragaman dan contoh sejati kota metropolis klasik. Dengan begitu banyak struktur arsitektur yang sekarang ditemukan, Efesus adalah tujuan yang harus dilihat para pecinta budaya dan pemerhati arkeologi.


Ephesus dinyatakan sebagai pemukiman Romawi pada tahun 133 SM, meskipun tidak mencapai puncaknya sampai sekitar 200 tahun kemudian. Pada satu titik, ketika kota itu adalah ibu kota Romawi Asia Kecil, Efesus menampung lebih dari 250.000 penduduk tetap. Para ilmuwan religius bahkan percaya bahwa St.Paul tinggal di Efesus, menumbuhkan agama Kristen di antara banyak agama lainnya. Dengan turunnya pelabuhan Efesus, dan pemecatan kota oleh Goth Jerman pada abad ketiga, Efesus memulai kemundurannya.


Selama kira-kira 1.500 tahun, Efesus terlupakan. Sisa-sisa kota klasik yang luar biasa ini tersembunyi dari dunia sampai tahun 1860-an, ketika sebuah tim arkeolog internasional mulai menggali reruntuhan. Saat ini, kurang dari 20 persen kota Ephesus telah digali, namun masih merupakan salah satu situs arkeologi terbesar di dunia, dan lebih dari satu juta pengunjung datang setiap tahun untuk menjelajahinya secara langsung.


Tanpa pertanyaan, struktur paling terkenal di Efesus adalah Kuil Artemis. Juga disebut Kuil Diana, ini adalah sepotong arsitektur Yunani yang dulunya dikenal sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Kuno Dunia. Candi ini pernah menjadi yang terbesar di planet ini, yang menunjukkan betapa pentingnya kota Efesus. Sayangnya, candi itu sendiri sebagian besar hancur sekitar abad kelima, namun masih mungkin untuk berkeliling reruntuhan.


Beberapa atraksi yang paling baru-baru ini digali di Efesus, dan yang pasti beberapa yang paling populer adalah Terraced Houses. Inilah rumah penduduk terkaya di Efesus sekitar abad pertama, dan bangunan itu dibangun dengan gaya Romawi modern. Hebatnya, beberapa rumah memiliki bak mandi panas dan dingin, lantai marmer dan bahkan sistem pemanas. Di dinding, Anda bisa melihat karya seni yang tidak biasa, mosaik dan bahkan puisi cinta yang ditulis dengan tangan.


Tidak ada perjalanan ke Efesus akan lengkap tanpa melihat Perpustakaan Celsus yang terkenal. Dibangun pada tahun 123 M, perpustakaan tersebut dulunya merupakan perpustakaan terbesar di dunia kuno, berada di urutan ketiga setelah perpustakaan di Alexandria dan Pergamus. Perpustakaan telah dipugar, sehingga memudahkan untuk melihat disain dua lantai, kolom dan ibu kotanya. Pastikan mengagumi empat patung yang mewakili empat kebajikan. Sementara ini sekarang patung replika, dan bukan aslinya, Anda masih bisa melihat Sophia, mewakili kebijaksanaan, Episteme, mewakili pengetahuan, Ennoia, mewakili pemikiran, dan Arete, mewakili kebaikan.


Untuk melihat sebanyak mungkin landmark luar biasa yang ditemukan di Efesus, Anda harus meluangkan waktu di Curetes Way. Inilah jalan utama yang membentang melalui Efesus, dan banyak bangunan di kedua sisi pernah berfungsi sebagai toko dan rumah bagi banyak penduduk yang tinggal di kota ini. Pastikan untuk mengagumi tanah saat Anda berjalan-jalan di sepanjang Curetes Way, karena permukaan marmer sengaja diwarnai untuk mencegah agar tidak licin saat hujan turun. Beberapa blok marmer di bawah kaki diberi nama Green, yang membuktikan bahwa pekerjaan telah dilakukan dan oleh karena itu perlu dibayar. Depresi di kedua sisi jalan adalah tempat lampu akan dipasang untuk menerangi jalan raya pada malam hari.





Hanya dua mil dari Efesus adalah kota Selçuk, di mana banyak pengunjung memilih untuk menghabiskan waktu sebelum atau sesudah menjelajahi puing-puing Ephesus. Di pusat Selçuk, Anda mungkin ingin berhenti dan mengagumi saluran air Romawi yang pernah memasok air ke kota, atau Anda bisa belajar sedikit lebih banyak tentang arkeologi daerah tersebut dengan menjelajahi koleksi di Museum Efesus. Anda juga bisa melihat-lihat di pasar atau mengambil karpet double knot, suvenir paling populer dari daerah ini.