9 Cara Memanfaatkan Cuka Apel Untuk Kecantikan

Hello girls! Selamat datang.

Jadi di artikel ini aku mau memberikan informasi seputar manfaat lain dari cuka apel yang tidak banyak diketahui. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini dapat membantu kalian dalam memanfaatkan produk cuka apel ini.

Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang pernah menggunakan cuka apel sebagai toner sebagaimana trend ini pernah hits beberapa waktu yang lalu, namun mungkin ada juga dari kalian yang belum pernah mengenal cuka apel atau bahkan belum mengetahui keberadaan produk ini.

Jadi, cuka apel merupakan pengembangan dari pengolahan buah apel karena pada dasarnya buah apel mudah sekali untuk mengalami pembusukkan. Jika manfaat cuka pada umumnya adalah untuk menambahkan rasa asam pada masakan atau dijadikan sebagai pengawet alami makanan (seperti acar) beda halnya dengan cuka apel.

Kebanyakan cuka apel sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit, pengunaan ini tidak ada salahnya mengingat cuka apel memiliki 2 jenis. Cuka apel yang terbuat dari fermentasi sari apel dan cuka apel yang terbuat dari sari apel beralkohol.

Dalam dunia kecantikan, cuka apel dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti
1. Mencegah Penuaan Dini
Dalam apple cider vinegar terdapat kandungan yang sama dengan AHA atau Alpha Hydroxy Acid bahan yang juga terkandung pada produk anti aging.

Banyak ahli menyebutkan bahwa dengan adanya kandungan AHA dalam cuka apel membuat cuka apel bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kulit mati dan menorong pembentukan sel kulit baru yang sehat.

Serta kandungan asam dalam cuka apel bermanfaat untuk membantu mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah.

2. Mencegah Jerawat
Kandungan asam malat yang terdapat dalam sebuah cuka apel dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur.

3. Menyeimbangkan pH di Wajah
Apakah kamu pernah merasakan kulit wajahmu menjadi over reacted seperti terlalu kering ataupun terlalu berminyak? Jika pernah, itu bisa jadi disebabkan oleh pH wajah yang kurang seimbang.

Untuk mengatasinya, gunakan saja cuka apel yang dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum di wajah. Kandungan pH yang terkandung dalam cuka apel mirip dengan pH yang ada pada lapisan asam kulit sehingga cuka apel ini cocok digunakan sehari-hari untuk merawat kulit dan mencegah wajah dari over reacted.

4. Detoksifikasi
Polusi dan radikal bebas dapat mengganggu kulit sehatmu, jika terus dibiarkan akan menyebabkan wajah menjadi kusam dan mudah untuk ditumbuhi jerawat. Gunakan cuka apel pada wajah untuk membantu membersihkan wajah dari polusi dan radikal bebas tersebut.

5. Perawatan Rambut
Ada beberapa perawatan rambut yang bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan cuka apel.
- Ketombe
Gunakan air cuka apel untuk membantu menghilangkan ketombe di kulit kepala. Caranya setelah selesai keramas, bilaslah rambut dengan menggunakan campuran cuka apel dengan air hangat 2:1. . Lalu pijat kepala agar lebih rileks dan diamkan selama 15 menit. Setelah didiamkan keramas lagi dengan menggunakan shampoo.

Ramuan ini juga diperbolehkan untuk ditambahkan minyak essensial agar lebih harum. Gunakan ramuan ini minimal 1x seminggu agar ketombe cepat hilang dari kepala kalian.

- Mencegah Rambut Kusam
Ketombe yang ada di kulit kepala dapat membuat rambut menjadi kusam karena bisa jadi pH kulit kepala tidak seimbang. Hal ini juga turut didukung dengan paparan sinar matahari berlebihan yang juga turut menyebabkan rambut menjadi kering.

- Kerontokan
Akibat pH yang tidak seimbang, rambut akan semakin rentan untuk mengalami kerontokan. Kerontokan rambut yang parah bisa menimbulkan kebotakan. Untuk mencegahnya, gunakan cuka apel karena kandungan AHA yang terdapat didalamnya dapat merangsang pertumbuhan rambut.

6. Menghilangkan Jerawat
Jika saat ini kalian memiliki jerawat yang tengah meradang, oleskan cuka apel di jerawat tersebut.

7. Mandi
Fungsi utamanya yang terbukti handal dalam mengatasi berbagai penyakit dan bakteri membuat cuka apel bisa digunakan untuk mandi.

Namun perlu diingat bahwa mandi dengan menggunakan cuka apel ini tidak boleh dilakukan setiap hari karena tingginya rasa asam takut malah akan memberikan dampak yang buruk pada kulit.

8. Memutihkan Gigi
Kandungan asamnya yang kuat, membuat cuka bisa bermanfaat untuk mengatasi bakteri pada gigi dan membantu mengelupas karang gigi sehingga gigi bisa menjadi lebih putih. Perlu diingat, selain dapat merusak kulit kandungan asam yang tinggi pada cuka apel juga dapat merusak enamel gigi sehingga setiap ingin menggunakan cuka apel harus dicampur dengan air.

9. Memutihkan Kuku Yang Menguning
Cuka apel terbukti ampuh dalam mengatasi noda-noda atau warna kekuningan pada kuku, baik yang diakibatkan oleh bahan kimia, pewarna, sering merokok, infeksi jamur, maupun dikarenakan gaya hidup yang buruk.

Itu dia beberapa beauty hacks yang bisa kalian lakuan hanya dengan memanfaatkan cuka apel. Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran kalian. Silahkan share juga artikel ini ke seluruh social media yang kalian punya agar artikel ini dapat berguna untuk orang lain. Tunggu update artikel selanjutnya!

Keep connect with me!

Instagram : almasmakeup14
Youtube : Alma's Makeup