10 Hal Yang Dapat Dilihat Di Chichen Itza

Chichen Itza adalah kota yang paling terkenal di kota Maya. Ini agak ironis karena strukturnya yang paling terkenal tidak memiliki arsitektur Maya Klasik yang khas namun menunjukkan pengaruh kuat dari peradaban lain dari Meksiko Tengah. Ini juga yang paling berkembang dari banyak reruntuhan Maya dan bisa ramai. Namun kombinasi monumen skala hibah dan perhitungan astronomi yang tepat misterius di bangunan membuat Chichen Itza benar-benar menakjubkan.

10. Casa Colorada


Casa Colorada (bahasa Spanyol untuk "Rumah Merah"), adalah salah satu bangunan terawat terbaik di Chichen Itza. Di satu ruangan ada hieroglif berukir yang luas yang menyebutkan penguasa Chichen Itza dan kemungkinan kota Ek Balam di dekatnya, dan berisi tanggal Maya yang bertuliskan yang berkorelasi dengan tahun 869 M, salah satu dari tanggal tertua yang ditemukan di semua Chichen Itza. Casa Colorada mungkin merupakan tempat tinggal elit.

9. Temple of the Bearded Man


Kuil Manusia Beruang atau Kuil Utara adalah bangunan batu kecil dengan ukiran relief dasar di dinding dalam, termasuk sosok tengah yang memiliki ukiran di bawah dagunya yang menyerupai rambut wajah. Di ujung selatan ada kuil lain yang jauh lebih besar, tapi reruntuhan.

8. La Iglesia


Dinamai la Iglesia (Gereja) oleh orang Spanyol, mungkin karena terletak tepat di sebelah Nunnery, kuil ini adalah salah satu bangunan tertua di Chichen Itzá. Masker Chac menghias dua cerita teratas. Di antara kerumunan Chac ada juga armadillo, kepiting, siput, dan kura-kura. Ini mewakili dewa Maya, yang disebut basa, yang tugasnya mengangkat langit.

7. Tomb of the High Priest


Makam Imam Besar atau Kuil Osario adalah kuil langkah-piramid dengan tangga di setiap sisinya. Candi ini berdiri di atas gua batu kapur alami di mana kerangka dan korban ditemukan, memberi nama pada bait suci tersebut. Arkeolog saat ini percaya bahwa struktur itu bukan makam atau bahwa tokoh yang dikubur di dalamnya adalah para imam.

6. Sacred Cenote


Cenote Suci adalah lubang pembuangan yang terhubung ke Chichen Itza dengan jalur yang tinggi. Sumur alam yang besar ini mungkin telah memberi Chichen Itzá ("Well of the Itzáes") namanya. Ada gua karst kedua di pusat Chichen Itzá yang digunakan sebagai sumber air bagi penduduk Chichen Itza. Penggunaan Cenote Suci secara eksklusif bersifat seremonial. Selama bertahun-tahun, air keruh telah menghasilkan banyak artefak termasuk emas, batu giok, tembaga, turquoise, obsidian, copal atau dupa, tembikar, karet, kerang dan tulang sekitar 200 orang yang dilemparkan sebagai pengorbanan.

5. Temple of the Skulls 


Di samping Great Ball Court adalah Tzompantli (Kuil Tengkorak), salah satu kuil paling mengerikan di Chichen. Ini adalah platform rendah yang tertutup di semua sisi oleh deretan tengkorak yang diukir. Platform serupa ditemukan di Meksiko tengah, yang paling terkenal di Tenochtitlan. Kepala korban korban ditampilkan di sini, bersama dengan pemain yang kehilangan permainan bola (lihat di bawah).

4. Main Ball Court


Chichen Itza berisi tidak kurang dari 8 lapangan bola, namun Main Ball Court sejauh ini yang paling mengesankan. Pada 166 dengan 68 meter (545 x 223 kaki) itu adalah lapangan bola terbesar di Mesoamerika. Ini didedikasikan pada tahun 864 M dan sangat berbeda dengan pengadilan bola Maya lainnya, yang lebih kecil dan memiliki pengadilan miring. Dua dinding vertikal Main Ball Court setinggi 12 meter (39 kaki) dengan cincin yang diukir dengan ular saling terjalin di tengah setiap dinding. Kedua dinding itu diukir dengan adegan yang menunjukkan tim pemain bola. Satu panel menunjukkan pemain tanpa kepala yang berlutut dengan tembakan darah dari lehernya, sementara pemain lain memegang kepala.

3. El Caracol


El Caracol atau Observatorium adalah bangunan bulat pada platform persegi besar yang bertunangan sekitar tahun 906 Masehi. Itu mungkin sebuah observatorium Maya kuno dengan pintu dan jendela sejajar dengan kejadian astronomi, khususnya di sekitar jalan Venus. Dari menara bangsa Maya bisa melihat langit di atas vegetasi tanpa ada penyumbatan. Nama Spanyol, yang berarti "siput," mengacu pada tangga spiral batu di dalamnya.

2. Temple of the Warriors 


Kuil Warriors adalah piramid melangkah besar yang diberi nama berdasarkan kolom berukir di sekitarnya yang menggambarkan pejuang. Candi ini mirip dengan Candi B di ibukota Toltec di Tula, dan menunjukkan beberapa bentuk kontak budaya antara kedua wilayah tersebut. Yang di Chichen Itza, bagaimanapun jauh lebih besar. Di puncak tangga di puncak kuil berada di Chac Mool, sebuah patung yang menggambarkan sosok berbaring yang menopang dirinya dengan siku dengan mangkuk atau cakram di atas perutnya.

Di sepanjang dinding selatan Kuil Warriors ada serangkaian kolom yang terbuka. Ketika Chichen Itza dihuni ini akan mendukung sistem atap yang luas. Kolom berada dalam tiga bagian yang berbeda: kelompok barat, yang memperluas garis depan Kuil Warriors; sebuah kelompok utara, yang membentang di sepanjang dinding selatan Kuil Warriors dan berisi pilar dengan ukiran tentara dengan relief; dan sebuah kelompok timur laut, yang rupanya membentuk sebuah kuil kecil di sudut tenggara Kuil Warriors.

1. Candi Kukulkan


Terletak di tengah lapangan terbuka berdiri Kuil Kukulkan, juga disebut sebagai El Castillo (benteng dalam bahasa Spanyol). Didedikasikan untuk dewa ular berkepala Quetzalcoatl, ini adalah tengara paling terkenal Chichen Itzá. Pada equinox Musim Semi dan Musim Gugur, pada saat terbit dan terbenamnya matahari, sudut piramida memunculkan bayangan berbentuk ular, mewakili dewa Quetzalcoatl. Saat matahari bergerak, ular itu perlahan turun ke bumi.

Candi ini berisi banyak referensi tentang kalender Maya yang penting. Masing-masing dari empat sisi El Castillo memiliki 91 langkah yang, jika ditambahkan bersama dan termasuk platform kuil, sama dengan 365 hari di tahun matahari. Masing-masing dari sembilan teras terbagi dua, yang membuat 18, melambangkan jumlah bulan di kalender Maya. Teras berisi total 52 panel, mengacu pada siklus 52 tahun saat kalender matahari dan agama bertemu.


Source