10 Kuil Maya Kuno Yang Paling Cantik

Peradaban Maya adalah salah satu peradaban pra-Kolombia yang hebat, berkembang di wilayah utara Amerika Tengah, termasuk negara-negara Guatemala, Belize, El Salvador, Meksiko selatan dan Honduras bagian barat. Selama periode Klasik (250-900 M), sebagian besar negara bagian Maya mencapai puncak urbanisme dan konstruksi berskala besar. Monumen yang paling terkenal dari periode ini adalah kuil Maya kuno yang dibangun di hampir setiap kota Maya yang penting.


Untuk alasan yang masih belum diketahui, sebagian besar pusat Maya mengalami kemunduran selama berabad-abad kemudian dan akhirnya ditinggalkan hanya meninggalkan reruntuhan suku Maya. Ada beberapa kemungkinan alasan kejatuhan mereka termasuk kelelahan tanah, kehilangan air dan erosi. Kemungkinan lain termasuk bencana seperti gempa bumi, penyakit dan invasi oleh orang lain di sekitarnya dan budaya.

10. Lamanai


Terletak di Belize utara, Lamanai pernah menjadi kota Maya yang sangat besar. Reruntuhan kuno belum sepenuhnya ditemukan. Pekerjaan arkeologi telah berkonsentrasi pada penyelidikan dan pemulihan struktur yang lebih besar seperti Kuil Tinggi, sebuah kuil setinggi 33 meter. Karena masih diduduki oleh suku Maya saat orang Spanyol tiba, Lamanai, yang di Maya berarti "buaya terendam", adalah salah satu dari sedikit situs Maya yang mempertahankan nama tradisionalnya.

9. Coba


Coba di Meksiko adalah kota kuno Maya kuno yang merupakan rumah bagi sekitar 50.000 penduduk pada puncaknya. Sebagian besar monumen itu dibangun antara tahun 500 dan 900 Masehi. Kuil baru dibangun dan bangunan lama diperbaiki sampai setidaknya abad ke-14, mungkin sampai pada saat kedatangan orang Spanyol. Coba berisi beberapa piramida candi besar, piramida Nohoch Mulut tertinggi, tingginya sekitar 42 meter (138 kaki). Saat ini hanya sebagian kecil dari situs yang telah dibersihkan dari hutan dan dipulihkan oleh para arkeolog.

8. Caracol


Duduk tinggi di Dataran Tinggi Vaca, 500 meter (1650 kaki) di atas permukaan laut, Caracol adalah situs Maya terbesar di Belize. Dulu merupakan salah satu kota Maya kuno terbesar, yang mencakup sekitar 168 kilometer persegi (65 mi²). Pada puncaknya sekitar tahun 650 AD diperkirakan populasi sekitar 150.000, lebih dari dua kali lebih banyak orang yang dimiliki Belize City saat ini. Piramid terbesar di Caracol adalah Canaa (Sky Place), dengan ketinggian 43 meter (143 kaki), masih merupakan struktur buatan manusia tertinggi di seluruh Belize.

7. Copan


Terletak di Honduras barat, Copan adalah kota Maya yang relatif kecil yang terkenal dengan rangkaian strait yang potret. Dekorasi stelae dan pahatan dari bangunan Copán adalah beberapa seni bertahan terbaik dari Mesoamerica kuno. Beberapa struktur batu di Copán berasal dari abad ke 9 SM. Kota ini berkembang menjadi salah satu situs Maya yang paling penting pada abad ke-5 dengan lebih dari 20.000 jiwa namun secara misterius ditinggalkan beberapa abad kemudian. Titik tertinggi di Copan adalah kuil Maya kuno yang sekarang dikenal dengan Temple 16, naik 30 meter (100 kaki) di atas Great Plaza kota.

6. Tulum


Tulum terletak di pantai timur Semenanjung Yucatán, Meksiko. Ini pernah berfungsi sebagai pelabuhan utama di kota Maya, Maya. Tulum dibangun sekitar tahun 1200 M ketika peradaban Maya sudah mengalami kemunduran dan oleh karena itu tidak memiliki keanggunan beberapa situs terkenal lainnya. Latar belakang pantai tropis membuat situs Maya unik ini yang tidak boleh dilewatkan.

5. Calakmul


Calakmul adalah situs Maya yang tersembunyi di dalam hutan negara bagian Campeche di Meksiko. Ini adalah salah satu kota Maya terbesar yang pernah ditemukan dengan lebih dari 6.500 bangunan kuno yang teridentifikasi. Piramida tinggi Calakmul sejauh 55 meter (180 kaki) sejauh ini merupakan struktur terbesar di situs ini. Seperti banyak kuil Maya kuno lainnya, ukuran piramida di Calakmul meningkat dengan membangun kuil lama yang ada untuk mencapai ukurannya saat ini.

4. Palenque


Palenque adalah situs arkeologi yang terletak di ujung barat kekaisaran Maya di negara bagian Chiapas, Meksiko saat ini. Palenque jauh lebih kecil dari beberapa di antaranya adalah kota-kota tetangga Maya, namun berisi beberapa arsitektur dan patung terbaik yang pernah diproduksi oleh Maya. Sebagian besar struktur di Palenque berasal dari sekitar 600 AD sampai 800 M termasuk Kuil Prasasti, satu-satunya piramida Mesoamerika yang dibangun sebagai monumen penguburan.

3. Uxmal


Uxmal, yang berarti "dibangun tiga kali" dalam bahasa Maya, adalah salah satu situs Pra-Columbus terbaik yang diawetkan di Meksiko. Struktur yang paling dikenali dan tertinggi di 115 kaki adalah Piramida Penyihir. Lapisan piramida candi berbentuk oval tidak seperti lapisan persegi panjang atau persegi dari piramida Maya lainnya. Piramid ini tampaknya telah dibangun dalam lima tahap, mulai dari abad keenam yang berlanjut secara berkala sampai abad ke-10.

2. Tikal


Terletak di hutan hujan dataran rendah di utara Guatemala, Tikal mungkin adalah tempat yang paling menakjubkan dari semua situs Maya. Bangunan yang dipugar berserakan di sekitar kawasan tersebut sementara masih banyak lagi bangunan yang hancur yang masih disembunyikan oleh hutan. Antara ca. 200 sampai 900 M, Tikal adalah kota Maya terbesar dengan perkiraan populasi antara 100.000 dan 200.000 jiwa. Tikal berisi 6 piramida candi yang sangat besar. Yang terbesar, Kuil-piramida IV, tingginya sekitar 72 meter (230 kaki) dan selesai sekitar tahun 720 Masehi. Mendaki ke puncak salah satu candi Maya kuno ini menawarkan pengalaman hebat dengan pemandangan panorama yang indah dari atas puncak pohon.

1. Chichen Itza


El Castillo adalah julukan salah satu kuil Maya yang paling spektakuler yang mendominasi situs arkeologi Chichen Itza. Desain candi memiliki makna astronomi khusus. Setiap wajah piramida memiliki tangga dengan 91 langkah, yang bersama dengan langkah bersama di atas, menambahkan hingga 365, jumlah hari dalam setahun. Pendakian El Castillo tidak lagi diijinkan setelah seorang wanita jatuh ke kematiannya di tahun 2006.