10 Tempat Wisata Terbaik Di Porto

Terletak di titik di mana Sungai Duoro bertemu dengan Samudera Atlantik di Portugal Utara, Porto telah menjadi kota perdagangan sejak hari-hari awal sebagai pos terdepan Romawi. Sebagai salah satu kota tertua di Eropa, kota ini juga memiliki banyak atraksi budaya dan sejarah, termasuk sebuah kawasan abad pertengahan yang baru saja dirubah yang berbatasan dengan tepi pantai yang indah. Contoh arsitektur barok yang indah juga tersebar di sekitar kota tua. Tur jalan kaki menawarkan cara yang bagus untuk menjelajahi kota ini, karena sebagian besar tempat-tempat wisata utama di Porto terletak berdekatan satu sama lain. Kontribusi Porto yang paling dirayakan untuk budaya Portugis adalah port wine, ekspor utama negara ini. Kunjungan ke Porto biasanya mencakup perjalanan ke gua-gua anggur pelabuhan yang terletak tepat di seberang sungai di Vila Nova de Gaia.

10. Museum Serralves


Porto telah lama menjadi surga bagi seniman dan arsitek besar yang sedang mencari pekerjaan, namun baru pada abad ke-20 kota ini menelurkan gaya arsitekturalnya yang unik. Sekolah Porto yang disebut tahun 1950-an menginspirasi generasi arsitek, termasuk Álvaro Siza Vieira, perancang Museum Seni Kontemporer di institusi budaya Serralves. Bangunan minimalis dan taman sekitarnya menarik banyak pengunjung seiring dengan banyaknya pameran internasional yang berubah di dinding putihnya. Instalasi seni di luar ruangan menandai taman dan taman yang indah.

9. Gereja Sao Francisco


Igreja de Sao Francisco abad ke-14 adalah contoh arsitektur Gothik yang paling menonjol di Porto. Awalnya adalah bagian dari Biara St. Francis yang dibangun pada abad ke-13, gereja adalah satu-satunya struktur yang bertahan dari api pada tahun 1842. Tanjakan curam dari tepi sungai membawa pengunjung ke façade batu besar, yang dihiasi oleh jendela roset besar. Bagian dalam gereja diberi makeover barok di abad ke-18 ketika hampir semua gang, pilar dan kapel ditutupi ukiran berlapis emas dengan hiasan yang menampilkan kerub, bunga dan binatang.

8. Casa da Musica


Ketika datang ke arsitektur kontemporer, Casa da Musica adalah daya tarik yang menonjol. Dirancang oleh arsitek Belanda Rem Koolhaas, rumah baru untuk National Orchestra of Porto dibuka pada tahun 2005 untuk mendapat pujian. Dengan disainnya yang inovatif di dalam dan di luar, strukturnya sudah diadopsi oleh kota sebagai tengara ikon. Konser diadakan di aula hampir setiap malam tahun ini, dengan pertunjukkan mulai dari band rock dan artis solo sampai orkestra simfoni penuh. Tur dipandu fasilitas ini ditawarkan setiap hari, dan paket khusus termasuk tiket belakang panggung dan contoh port wine gratis.

7. Katedral Porto


Orang tua raja pertama Portugal, Dom Afonso Henriques, dikreditkan dengan pembangunan Sé do Porto abad ke-12, namun katedral tersebut sebenarnya telah dibangun dua kali selama berabad-abad. Menawarkan sejarah perubahan gaya arsitektur, rekonstruksi sekarang merupakan bagian dari daya tarik struktur terkenal ini. Dari jendela mawar gothic dan biara ke kapel barok dengan altar perak hiasannya, katedral adalah daya tarik yang harus dilihat bagi siapa saja yang tertarik dengan sejarah, seni dan arsitektur. Sebuah tangga yang dihiasi dengan karya keramik yang dicat mengarah ke tingkat kedua di mana jendela-jendela sempit menawarkan pemandangan yang mengesankan.

6. Jembatan Dom Luis


Ponte de Dom Luis I adalah jembatan paling terkenal dari beberapa jembatan yang membentang di Sungai Duoro. Dibangun pada tahun 1886, dirancang oleh Téophile Seyrig, seorang insinyur yang bekerja dengan Gustave Eiffel. Jembatan besi besar itu memiliki dek atas dan bawah, yang keduanya membawa lalu lintas jalan sampai tahun 2003 ketika bentang atas diubah untuk mengakomodasi sistem kereta ringan. Jalan pejalan kaki di dek atas menawarkan pemandangan yang spektakuler serta jalur pejalan kaki langsung ke pondok anggur pelabuhan di seberang sungai di Vila Nova de Gaia.

5. Palacio da Bolsa


Terletak berdekatan dengan Gereja Sao Francisco, Palácio da Bolsa adalah struktur Neoclassic besar yang dibangun di lokasi bekas Biara St. Francis. Didanai oleh asosiasi komersial Porto, istana ini dibangun sebagai bursa saham dan dirancang untuk mengesankan para pemimpin ekonomi Eropa. Beberapa arsitek bekerja di gedung tersebut selama masa konstruksi hampir 70 tahun. Dirancang dengan gaya Moor oleh Gustavo Adolfo Gonçalves e Sousa, Ruang Arab merupakan sorotan bagi setiap tur istana. Salah satu tempat wisata paling populer di Porto, ruang pemogokan masih digunakan sebagai ruang resepsi untuk dikunjungi pejabat hari ini.

4. Livraria Lello


Seiring dengan persediaan lebih dari 60.000 buku, perpaduan gaya arsitektur Art Deco dan Gothic Revival yang menyenangkan membuat Livraria Lello salah satu toko buku paling terkenal di Eropa. Dikabarkan telah memberikan inspirasi bagi penulis J.K. Rowling, yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Porto saat menulis buku Harry Potter, toko buku tersebut sekarang dikunjungi oleh penggemar serial ini dari seluruh dunia. Selain buku-buku yang mencakup setiap sudut dan celah, toko berusia seabad ini memiliki tangga helix ganda, langit-langit kaca patri dan sebuah kafe kecil di lantai dua.

3. Menara Clerigos


Kehebohan Baroque ditampilkan secara penuh di menara abad ke-18 dari Igreja dos Clerigos, atau Church of the Clergy. Dirancang oleh pelukis dan arsitek Italia Nicolau Nasoni pada tahun 1754, Torre dos Clerigos adalah tengara Porto dan atraksi yang tidak dapat dilewatkan. Menara berhias itu naik setinggi 250 kaki (76 meter), menjadikannya salah satu bangunan tertinggi di Portugal Utara. Pengunjung yang melakukan pendakian 255 langkah ke menara menara diberi ganjaran dengan panorama kota dan muara sungai Duoro. Tur audio tersedia dengan biaya tambahan.

2. Ribeira


Banyak pelancong ke Porto memulai kunjungan mereka di Ribeira, kawasan bersejarah abad pertengahan yang terletak di dekat Sungai Duoro. Di Praça da Ribeira, jalan-jalan batu besar yang sempit tumpah ke sebuah plaza indah dimana penduduk setempat dan wisatawan bersantai di bawah sinar matahari dan menikmati pemandangan muara. Dengan banyaknya restoran dan bar makanan laut, Dermaga Ribeira juga merupakan tempat berkumpul yang populer. Ini juga merupakan titik keberangkatan untuk kapal pesiar di sungai dan untuk naik perahu ke gudang anggur port di Vila Nova de Gaia. Bagi mereka yang bepergian dengan berjalan kaki atau mobil, Cais da Ribeira menawarkan akses mudah ke Jembatan Dom Luis juga.

1. Vila Nova de Gaia


Sementara secara teknis kotanya sendiri, Vila Nova de Gaia terletak tepat di seberang Douro dari Porto dan ditenun menjadi kain kota baik oleh serangkaian jembatan maupun sejarah bersama pembuatan anggur port. Objek wisata paling populer di Gaia adalah Port Wine Cellars, gudang tempat penyimpanan Port yang terkenal disimpan. The Cellars ditempatkan di Ribeira de Gaia, sebuah wilayah kota yang terletak di tepi sungai Douro di seberang Porto. Ribeira de Gaia juga memiliki beberapa restoran yang sangat baik, terutama di Cais de Gaia. Bahkan jika Anda tidak mengunjungi ruang bawah tanah, Anda harus mengunjungi Ribeira Gaia untuk mendapatkan beberapa pemandangan Porto yang menakjubkan.