Mengungkap Rahasia Skara Brae Di Skotlandia

Terletak di pantai barat Daratan, pulau terbesar di kepulauan Orkney di Skotlandia, adalah Skara Brae, desa Neolitik paling lengkap di Eropa utara. Ini lebih tua dari Great Pyramids dan Stonehenge, dan banyak yang menganggapnya sebagai Pompeii Skotlandia karena fakta ini sangat terpelihara dengan baik. Karena itu, Skara Brae mampu memberikan wawasan yang akurat tentang kehidupan para petani yang tinggal di sana antara 3.200 SM. dan 2.500 SM.


Selama musim dingin tahun 1850, sebuah badai sengit mengalahkan Orkney, yang tidak biasa. Namun, kali ini air pasang dan angin badai menyapu pasir dan rumput dari gundukan besar. Tindakan ini mengungkap garis besar beberapa bangunan batu. Sebagai hasil dari banyak ekspedisi ke lokasi, sebuah cluster dari delapan bangunan digali. Mereka yang mengunjungi situs ini saat ini dapat melihat Skara Brae karena hampir 5.000 tahun yang lalu.


Bagian yang rendah dan tertutup menghubungkan delapan bangunan di Skara Brae. Tujuh rumah semua mengikuti desain yang sama. Mereka terdiri dari sebuah ruangan persegi dengan perapian tengah. Ada tempat tidur di setiap sisi ruangan dan meja rias dengan rak di dinding di seberang pintu. Karena tidak ada pohon di pulau itu, penduduk desa membangun seluruh rumah mereka dari batu. Ini termasuk tempat tidur, meja rias, kursi, tangki ikan untuk menampung umpan dan perapian utamanya. Mereka membangun rumah mereka menjadi gundukan limbah yang sudah ada sebelumnya yang disebut middens, yang membantu mengisolasi struktur, dan mereka menggunakan rumput untuk atapnya.


Bangunan kedelapan dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan dianggap sebagai bengkel bagi penduduk desa karena ditemukannya potongan kecil tulang dan tanduk di sana. Arkeolog juga menemukan chert, pengganti batu api, dan batu apung vulkanik yang terdampar di pantai-pantai dari Islandia. Penduduk desa menggunakan barang-barang ini untuk membuat peralatan batu.


Arkeolog menemukan sejumlah besar artefak di Skara Brae saat penggalian. Ini termasuk perhiasan yang terbuat dari tulang dan gading, jepit rambut, dan cangkir dan mangkuk terbuat dari tulang ikan paus atau lumba-lumba. Mereka juga menemukan dadu game, liontin, jarum, pisau dan sekop. Penduduk Skara Brae membuat gerabah, termasuk Grooved Ware, sejenis gerabah yang dibuat dengan alur hiasan yang diukir pada benda-benda. Banyak dari artefak ini tersedia untuk dilihat di Visitor Center di situs ini.


Kehidupan di Skara Brae berakhir sekitar 2.500 SM. Sejarawan pernah berpikir bahwa penduduk desa meninggalkan rumah mereka karena beberapa jenis bencana. Namun, arkeolog saat ini percaya bahwa angin, semprotan air asin dan laut yang mengganggu menghancurkan peternakan dari waktu ke waktu. Tanpa lahan pertanian yang memadai, penduduk melayang ke daerah yang lebih produktif.


Pengunjung didorong untuk berjalan melalui rumah yang telah direkonstruksi, dan juga untuk melihat keseluruhan kelompok rumah Skara Brae dari tempat yang tinggi. Pusat Pengunjung di situs ini memiliki toko, kafe dan pameran langsung. Selain itu, pengunjung memiliki kesempatan untuk membuat panci Neolitik, dan baik anak-anak maupun orang dewasa dapat melakukan perjalanan kembali dalam waktu sambil bermain game interaktif.

Situs yang menarik ini terbuka untuk pengunjung sepanjang tahun. Mereka yang melakukan perjalanan ke Skotlandia seharusnya tidak melewatkan kesempatan untuk menukar tekanan dunia modern untuk melihat sekilas kehidupan 5.000 tahun yang lalu di Skara Brae.